Bengkulu: Peternak Ikan Lele di Desa Pagar Gading Mendapat Bimtek dari Penyuluh Perikanan

jejakkasus.co.id, BENGKULU SELATAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Gading mengadakan kegiatan Bimbingan Teknologi (Bimtek) tentang Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal bertempat di Gedung Serbaguna, Desa Pagar Gading, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Acara dihadiri Camat Pino Raya Sulaiman Efendi, S.E., M.Si., dan dari Dinas Penyuluhan Perikanan yang diwakili Santono, dihadiri pula dari Polsek Pino Raya yang diwakili Mufaizin dan Ketua BPD Ramadan Arianto, S.Pd., serta Pendamping Desa Ari Susno beserta PPL Ramlan, Senin (23/5/2022).

Dalam kegiatan penyuluhan Budidaya Ikan Lele ini, Kades Pagar Gading Sayupi Okto Lorian menekankan agar masyarakat bisa belajar membudidayakan Ternak Ikan dengan menggunakan lahan seadanya untuk usaha Ternak Ikan Lele perorangan.

Sayopi mengatakan, jadi untuk Ternak Ikan Lele, kita yang di desa ini kita buat sebagai contoh, agar masyarakat bisa mengerti bagaimana cara mengelola Ikan menggunakan teknologi yang canggih.

“Jadi, dengan Dana Desa sebesar 20% untuk anggaran Budidaya Ikan Lele atas musyawarah seluruh masyarakat desa akan digunakan untuk berternak Kolam Ikan Lele sesuai dengan Pasal 5 ayat (4) hurup b dan Pasal 33 yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk ketahanan pangan,” ucap Yopi.

Camat Pino Raya Sulaiman Efendi, S.E., M.Si., juga mengharapkan semua masyarakat agar bisa belajar dan memelihara Peternakan ini nanti apabila sudah berjalan.

“Karena, memelihara Perternakan ini tidak gampang, semua masyarakat harus paham cara memelihara Perternakan Ikan ini, terutama cara memberi makannya ini tidak bisa sembarang, harus paham, kalau tidak, semua Ikan akan mati,” jelas Camat Sulaiman.

Sementara, Kapolsek Pino Raya mengatakan, jadi masyarakat harus bisa dan paham, juga mendengarkan arahan dari petugas penyuluhan dari Dinas Perikanan atau PPL.

“Beliau akan memberikan arahan tata cara mengelola, mulai dari cara membuat Kolam Terpal dan cara memberikan Pakan Ikan, mulai dari yang masih kecil dan juga yang sudah besar atau yang sudah siap Panen,” pungkas Kapolsek. (Tim)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *