Nasional: Program Mudik Gratis 2022, PT KAI Sediakan 15.130 Kursi

jejakkasus.co.id, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) disebutkan telah menyediakan 15.130 tempat duduk KA jarak jauh dalam Program Mudik Gratis 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN beserta Jasa Raharja.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, dukungan ini merupakan andil perusahaan untuk memberikan pelayanan Mudik yang nyaman kepada masyarakat.

“KAI mendukung Program Mudik Bareng dengan Kereta Api yang merupakan kolaborasi antar BUMN, untuk melayani masyarakat yang ingin pulang ke Kampung Halamannya dengan perjalanan yang nyaman,” ujarnya, Sabtu (30/04/2022).

Menurut Didiek, pihaknya menyediakan sebanyak 470 tempat duduk KA Tawang Jaya tambahan relasi Pasar Senen-Semarang Poncol, keberangkatan 27 April 2022.

“Respon masyarakat sangat baik, terlihat dengan okupansinya yang telah terisi 100 persen,” tuturnya.

Adapun, secara keseluruhan KAI mengoperasikan 24 perjalanan KA dengan periode keberangkatan 27 April hingga 1 Mei 2022.

Secara terperinci, terdapat perjalanan KA dari Stasiun Pasar Senen menuju ke berbagai kota, seperti Semarang, Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Jombang, dan Blitar.

Lalu, Kereta Api yang disediakan untuk kegiatan Mudik Bareng ini, di antaranya Tawang Jaya (Pasar Senen-Semarang Poncol), Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi), Jayabaya (Pasar Senen-Malang), dan Fajar Utama Solo (Pasar Senen-Solo Balapan).

Sebagai informasi, para peserta Mudik Gratis juga tetap mematuhi persyaratan naik KA seperti pelanggan pada umumnya sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 dan 49 Tahun 2022.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mempercayakan Program Mudiknya menggunakan Kereta Api. KAI mendukung penuh kegiatan Mudik bersama ini untuk meningkatkan keselamatan para Pemudik dan menekan kepadatan di Jalan Raya,” tegas dia.

Sementara itu, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran, yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

Pada keberangkatan 28 April atau H-4 Lebaran, KAI memberangkatkan 113.839 pelanggan dengan okupansi mencapai 95% persen.

Total hingga H-4, KAI telah melayani 577.149 pelanggan atau rata-rata 82.450 pelanggan per hari dengan okupansi sebesar 71 persen dengan rute favorit, yaitu dari Jakarta ke Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan lainnya. (Ratu 001/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *